Selasa, 13 Mei 2014

ANALISIS AL-QURAN KAPAN ALLAH MENGGUNAKAN KATA AKU DAN KAMI


ANALISIS AL-QURAN KAPAN ALLAH MENGGUNAKAN KATA AKU DAN KAMI

1.      Kapan Allah menggunakan kata aku dan kami, kata tersebut digunakan untuk siapa?
Ø  Penggunaan Kata “KAMI”
 Allah berkata Kami pada kesempatan lain, Itu artinya Allah melibatkan makhluk-Nya yang lain (misalnya para malaikat yang membawa dan menjalankan perintah-Nya). 
Seperti yang terdapat dalam QS. 15 Hijr:66
وَقَضَيْنَا إِلَيْهِ ذَٰلِكَ الْأَمْرَ أَنَّ دَابِرَ هَٰؤُلَاءِ مَقْطُوعٌ مُصْبِحِينَ
Artinya: Dan telah Kami wahyukan kepadanya perkara itu, yaitu bahwa mereka akan ditumpas habis di waktu subuh.” (QS. 15 Hijr: 66).
Hal ini menunjukkan kerendahan hati dan contoh akhlak yang sangat mulia dari Tuhan Yang Maha Tinggi bagi para manusia yang tidak berdaya. Contoh apa ? Contoh untuk saling bekerja sama (walaupun bagi Tuhan sama sekali tidak membutuhkan kerjasama apa pun!). 
Ia seolah berkata : Bekerjasamalah kamu seperti yang Ku-contohkan, karena dengan bekerja sama bebanmu akan semakin ringan. Atau berorganinasilah kamu, karena dengan berorganinasi akan tercipta kebersamaan dan kesatuan sehingga keberhasilan dan keberkahanmu (keridhoan-Ku) akan lebih besar.
Ø  Penggunaan kata “AKU”
Allah menggunakan kata “AKU”, ketika Ia berkata mengenai Diri-Nya sendiri sebagai Tuhan Yang menguasai segala sesuatu, tanpa melibatkan makhluk-Nya yang lain.
Seperti yang terdapat dalam QS.Al-‘Imran: 55
Al-'Imran (3)  No. Ayat : : 55
إِذْ قَالَ اللّهُ يَا عِيسَى إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُواْ وَجَاعِلُ الَّذِينَ اتَّبَعُوكَ فَوْقَ الَّذِينَ كَفَرُواْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ
Artinya:           (ingatlah), ketika Allah berfirman, “Wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan.”
Allah menggunakan kata Aku dalam surat Al-‘imran ayat ke-55 yaitu yang ditujukan kepada Isa. Allah berfirman, bahwa Allah telah memilih dan menyucikan Isa dari orang-orang yang kafir. Allah memilih Isa sebagai orang yang patuh kepada-Nya tidak seperti orang-orang kafir. Maka ada pun Orang-orang yang kafir akan diazab dengan azab yang sangat keras di dunia dan di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar